Administrasi dapat dipandang sebagai proses dan dapat pula dipandang sebagai tugas (kewajiban).
Adminsitrasi sebagai tugas (kewajiban) dalam konteks pendidikan disebut juga administrasi sekolah yang antara lain meliputi:
1) administrasi peserta didik,
2) administrasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta struktur organisasinya,
3) administrasi keuangan,
4) adminsitrasi sarana prasaran,
5) administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat,
6) adminiatrasi layanan khusus (bimbingan konseling, unit kesehatan siswa, unit koperasi sekolah, dan kegiatan ekstra kurikuler
Dapat disimpulkan bahwa administrasi sekolah adalah pengaturan dan pendayagunaan segenap sumber daya sekolah secara efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pendidikan agar tujuan pendidikan di sekolah tercapai secara optimal.
Dalam hal ini Sekolah Al-'Ashar menerapkan 3 Administrasi dasar yang di terapkan oleh Management Sekolah antara lain :
1. Absensi Guru & Staff Al-'Ashar
Berisi tentang laporan kegiatan guru berisi tentang laporan pembelajaran yang di lakukan pada setiap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dapat di monitor oleh Kepala Sekolah dan Management Sekolah.
2. Form Perijinan
Digunakan oleh guru dan staff yang berhalangan dalam Kegiatan Belajar Mengajar
3. FORM KPI AL-ASHAR
Merupakan form penilaian yang dilakukan terhadap guru dan staff oleh Kepala Sekolah dan Management Sekolah