Langsung ke konten utama

PLANET SAINS GOES TO SCHOOL

Pada tanggal 13 Desember 2018, Sekolah Islam Al 'Ashar kedatangan tim Planet Sains dari kota Bandung. Acara bertajuk "Planet Sains Goes to School" ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi untuk bisa belajar sains dengan cara yang menyenangkan. Acara dibagi ke dalam 4 pos, yakni pos film yang menayangkan film pendek "Library of Secrets", lalu pos kedua berupa pos eksperimen outdoor dimana siswa-siswi dapat langsung mempraktekkan beberapa eksperimen menarik sembari dipandu oleh kakak-kakak dari Planet Sains. Pos ketiga adalah pos eksperimen indoor, dimana sudah disiapkan banyak alat-alat peraga untuk dicoba oleh siswa-siswi. Terakhir, dan yang paling ditunggu, adalah pos 4 yakni permainan roket air! Berikut dokumentasi keseruan acaranya:

DUA PERWAKILAN SDIT AL-'ASHAR MASUK FINAL OMSI 2016!

"Ibu, saya membaca pengumuman hasil seleksi IMSO dan OMSI. Ternyata 2 siswa berhasil lolos ke Final OMSI bidang Science. Mereka atas nama Naaila Fairuz Adynda (V-C) dan Naisha Jehan Azzara (V-C)."

Berita itu masuk ke dalam telepon genggam melalui pesan singkat. Ya, dua siswa SDIT Al-'Ashar mampu menembus babak final Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI) 2016! Inilah skuad pejuang olimpiade yang telah memberikan usaha terbaik mereka.


Naaila & Naisha
"Heboh banget sih, biasa aja kali!" Hellow, kita ga mungkin biasa aja ketika dua siswa mampu menembus final OMSI 2016 gan! Supaya kalian paham, nih simak dulu apa itu OMSI. Berikut kutipan salah satu berita yang bersumber dari Republika.


TANGERANG — Pemerintah Kota Tangerang, Banten, mematangkan persiapan menjadi tuan rumah International Mathematical and Science Olympiad (IMSO) 2016. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan jajarannya bersama Klinik Pendidikan MIPA (KPM) pada Selasa (6/9) menggelar rapat persiapan IMSO ke-13 yang akan dilaksanakan pada 9-13 November 2016.

"Ketika ada tawaran dari KPM untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Matematika internasional ini, saya pikir ini kesempatan yang baik untuk Kota Tangerang, mengatasnamakan bangsa Indonesia. Mudah-mudahan kita bisa menjadi tuan rumah yang baik," kata Arief kepada Republika saat ditemui di kantor Wali Kota Tangerang, Selasa (6/9).

Melalui ajang Olimpiade Matematika ini, kata Arief, Kota Tangerang sekaligus ingin menyukseskan program Tangerang Cerdas. Sekaligus menguji sejauh mana kemampuan dan kualitas pendidikan di kotanya. "Sehingga, anak-anak kita punya benchmark, bukan hanya di skala lokal, regional, melainkan juga internasional," kata Arief.

Menurut Pengarah IMSO ke-13 Moh Arodhi, hingga kini sudah ada 16 negara yang menyatakan keikutsertaan dalam IMSO tahun ini. Dari 16 negara tersebut, sudah ada enam negara yang mengirimkan nama. Mereka terdiri dari Iran (16 peserta), Afrika Selatan (46), India (30), Mongolia (15), Sri Lanka (36), Kazakhstan (12), dan Indonesia (75). "Sejauh ini total sudah 230 peserta yang masuk," kata Arodhi.

Arodhi memperkirakan, total peserta pada IMSO ke-13 ini bisa mencapai 1.600 orang. Mereka terdiri dari peserta luar negeri dan dalam negeri. Bagi peserta dari dalam negeri, ada gelaran sendiri dengan nama Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI). "Peserta OMSI yang terbaik akan diikutkan pada ajang IMSO," kata Arodhi.

Dia berharap, Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dapat membuka acara IMSO. Adapun pemenang IMSO dan OMSI diharapkan sudah bisa diketahui pada Sabtu 12 November.

Sesuai namanya, Olimpiade Matematika dan Sains, kompetisi ini melombakan bidang pelajaran matematika dan sains. Karenanya, peserta akan ada ujian teori dan ujian eksplorasi, sesuai bidang lombanya.

Adapun yang menarik dari ajang IMSO, selain peserta berkompetisi di bidang matematika dan sains, mereka juga diberi kesempatan untuk menampilkan adat dan budaya masing-masing. "Acara malam budaya atau culture night akan digelar pada Jumat," kata Arodhi.

Menurut Arief, IMSO memang bukan sekadar ajang ujian matematika dan sains, melainkan juga bisa menjadi acara untuk saling mengenal budaya. "Ada nilai yang lebih besar dari sekadar Olimpiade Matematika," katanya.

Adapun konsep pentasnya seperti apa, masih dalam proses pembahasan. Wali kota Tangerang saat ini sedang mematangkan pentas budaya antarnegara ini bisa digelar di ruang terbuka. Arief menginginkan digelar di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. "Acara ini kalau bisa bersamaan dengan peluncuran video mapping Kota Tangerang," katanya.

Dengan adanya gelaran pentas budaya antarbangsa, masyarakat Kota Tangerang dan daerah lainnya juga bisa ikut menikmati, tak hanya peserta IMSO. Dia berharap masyarakat mendapatkan hiburan yang juga memberi edukasi.

IMSO merupakan Olimpiade Matematika dan Sains yang pelaksanaannya digelar tahunan. Tahun ini merupakan ajang yang ke-13. IMSO merupakan kontestasi bagi siswa kelas V dan VI dan tidak boleh berusia di atas 13 tahun pada 31 Desember 2016. Setiap negara bisa mengirimkan perwakilannya sebanyak 12 siswa, dengan masing-masing enam untuk bidang matematika dan enam untuk peserta sains.

Tujuan dari IMSO ini untuk meningkatkan kompetensi siswa sekolah dasar di bidang matematika dan sains juga mempererat relasi di antara siswa antarnegara. "Semua soal dalam IMSO ini dalam bahasa Inggris. Sehari sebelum ujian, soalnya dibuka. Jadi, tidak mungkin untuk diterjemahkan," kata Arodhi.


 Kebayang kan? 16 Negara bersaing dalam olimpiade ini! Yuk, dukung terus perwakilan dari SD Islam Al-Ashar dalam Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia 2016 ini! Semoga bisa memberikan kemampuan yang terbaik ya, Naaila dan Naisha!

Postingan populer dari blog ini

Pendaftaran Siswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, TK SD Islam Terpadu Al 'Ashar kembali membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2021-2022.  Persyaratan penerimaan calon siswa baru yaitu: 1. Membawa serta calon peserta didik yang ingin mendaftar 2. Usia calon peserta didik pada bulan Juli tahun berjalan adalah :     a. Daycare : usia 2-3 Tahun      b. Taman Kanak Kelompok A : Usia 3.8 Tahun     c. Taman Kanak Kelompok B : Usia 4.8 Tahun     d. Sekolah Dasar : Usia 5.8 Tahun     3. Menyerahkan     a. Fotokopi akte kelahiran: 2 lembar     b. Fotokopi akte keluarga: 2 lembar     c. Pas foto ukuran 3x4: 2 lembar 4. Bagi peserta didik pindahan SD kelas II-V, harus membawa:      a. Surat keterangan pindah sekolah      b. Fotokopi Buku Laporan Pendidikan (BLP) SD sekolah asal yang telah dilegalisir dari                    kelas I, masing-masing satu lembar      c. Fotokopi kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Prosedur Pendaftaran 1. Bapak/Ibu melakukan PENDAFTARAN

International Mathematic Assessment for School (IMAS) 2017

Hello good people! Setelah belum lama Al 'Ashar mengirimkan wakilnya untuk bersaing dalam Kompetensi Matematika Nalaria Realistik ke 13, Sabtu lalu, tepatnya tanggal 23 Desember 2017, siswa Al 'Ashar kembali mengikuti perlombaan bergengsi lagi lho! Namanya IMAS, yakni International Mathematic Assessment for School, lomba matematika berskala Internasional dimana para peserta harus mengerjakan soal-soal olimpiade matematika dalam bahasa Inggris! Kebayang kan sulitnya? Tapi di depan tantangan yang luar biasa, ada empat Srikandi Al 'Ashar yang berani mengikuti dan menghadapi perlombaan tersebut lho! Mereka berempat sebelumnya menjalani masa pelatihan selama empat hari, berfokus kepada pengerjaan soal-soal olimpiade serupa. Yuk, doakan mereka supaya mendapatkan hasil yang terbaik ya! Empat Srikandi tersebut adalah: 1. Nasywa dari kelas IV 2. Fairuz dari kelas VI 3. Salsa dari kelas VI 4. Chaca dari kelas VI Berikut foto-fotonya:

Mengapa Memilih Al 'Ashar?