Minggu, 04 Februari 2018

Super Blue Blood Moon

Posted by Yayasan Nurnila on 02.42 with No comments

Assalamu'alaikum sobat sains!

31 Januari yang lalu, kita kedatangan "tamu" spesial yang muncul setelah 150 tahun lamanya! Yap, peristiwa Gerhana Bulan Total yang terjadi bersama dengan bulan perigee dan bulan biru, atau kita singkat Super Blue Blood Moon!

Klub Sains dari Sekolah Al 'Ashar mengadakan pengamatan bersama lho yang berlokasi di SD Islam Al 'Ashar, yang dipandu oleh Kak Fathur. Pengamatan dilakukan dengan terlebih dahulu pemaparan materi tentang fenomena langka tersebut. Buat yang mau materinya, bisa download di link ini ya: Super Blue Blood Moon Al 'Ashar

Celestron Astromaster LT 70 AZ

Setelah materi, sobat sains lalu melaksanakan sholat maghrib berjama'ah di Masjid Nurul Hikmah. Nah, syukur alhamdulillah, setelah sholat maghrib, cuaca langit Tangerang mendukung untuk melakukan pengamatan. Sekitar pukul 19.00 WIB, bulan purnama muncul sudah dalam proses menuju Gerhana Bulan Total (GBT).
Gerhana Bulan Sebagian

Seiring dengan proses gerhana bulan berlangsung, sobat sains melakukan sholat Gerhana yang dipimpin oleh Bapak Abdul Hamid Soleh selaku ketua yayasan. Inget ya guys, sholat ini bertujuan untuk mengagumi ciptaan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pencipta.
Sholat Gerhana

Selanjutnya, masuk ke fase bulan berdarah atau Blood Moon. Sebenarnya bulan tidak benar-benar berwarna merah, namun memang memantulkan cahaya kemerahan yang disebabkan pembiasan cahaya yang terarah ke bulan melewati atmosfir bumi terlebih dahulu.
Blood Moon



0 komentar:

Posting Komentar