Al Ashar Bee School - SEKOLAH DASAR ISLAM AL-ASHAR

Breaking

Mencetak Generasi Cerdas dan Berakhlakul Karimah

Total Tayangan Halaman

Time and Date

Categories

akademik (6) event (7) infografik (2) lomba (9) prestasi (6) psb (1) sains (3)

Al Ashar Bee School

Alhamdulillahi robbil alamiin

Beberapa hari yang lalu Adik kelas kalian dari kelas 1 dan kelas 2 mendapatkan pengalaman menarik dan menambah pengetahuan mereka tentang lebah, Mereka bermain mewarnai dan games menarik lain nya dari kakak-kakak pembimbing.

Mari kita lihat keseruan mereka 

Al Ashar Bee School



Apakah kalian sudah mengenal lebah  ??? binatang yang lucu menggemaskan tapi tidak boleh di ganggu oleh kalian.



Lebah adalah binatang bersayap, yang dapat menghasilkan madu, lebah merupakan serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok, sebagai serangga, ia mempunyai dua pasangan kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan diproduksi malam hari oleh kelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Lebah, di alam, berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari membantu penyerbukan silang tumbuhan. Dalam penyerbukan buatan tanaman tertentu, lebah dipelihara dalam kurungan berisi tumbuhan yang akan disilangkan. 

 

Allah Subhanahu Wataala memuliakan lebah. Bahkan salah satu surat di dalam Alquran bernama Surat An Nahl yang berarti lebah

Dalam Alquran Surat An Nahl ayat 68-69 Allah SWT berfirman

وَاَوْحٰى رَبُّكَ اِلَى النَّحْلِ اَنِ اتَّخِذِيْ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوْتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُوْنَۙ

artinya:

“Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.”

 

Jika kita coba amati lebah, ada beberapa sifat mulia dari lebah yang dapat kita teladani.

Berikut ini beberapa petunjuk yang diberikan oleh makhluk kecil bernama lebah kepada manusia:

·         Lebah hanya memakan hal-hal yang baik saja

Lebah tidak akan mengambil makanan dari bunga yang masih muda (belum mekar), tidak pula dari bunga yang di sana sudah ada lebah lainnya. Lebah selalu memilih untuk hanya mengambil makanan dari bunga yang segar, bersih, dan baik.

·         Lebah adalah pengejar prestasi yang tinggi (high achiever)

Hal ini merupakan bagian sikap seorang mukmin. Mereka tidak akan berhenti dengan sesuatu yang biasa-biasa saja. Seorang mukmin (beragama islam) haruslah selalu berusaha untuk mencapai hal yang terbaik.

·         Lebah tidak akan mengambil sesuatu dari bunga tanpa memberikan manfaat kepadanya

Bahkan, manfaat yang diberikan jauh lebih besar dari sesuatu yang diambil oleh lebah. Lebah mengambil serbuk sari dari bunga dan menaruhnya pada bunga yang lainnya,hal ini lah yang sanagat bermanfaat bagi bunga dalam proses penyerbukan bunga untuk membantu berbuah

·         Lebah tidak akan merebut bunga yang telah berelasi dengan lebah yang lain

Sifat lebah berikut nya lebah akan mencari bunga yang memang belum diambil oleh lebah lainnya. sebagai manusia, kadang sering kali kita salah dalam berkompetisi, kita merebut hal-hal yang sebelumnya telah diusahakan oleh orang lain. Misal, kita melihat tetangga kita membuka bisnis baru, lalu kita membuka bisnis yang sama dan berusaha mengambil pelanggan dari tetangga kita tersebut. Atau kita berusaha menghalang-halangi orang lain, mempersulit urusannya karena kita khawatir suatu saat mereka akan mengancam posisi kita. Tentu saja hal ini bukanlah karakter dari seseorang yang beriman. Ketika kita memberikan manfaat kepada orang lain, itu bukanlah kompetisi. Karena di saat kita memberikan manfaat kepada orang lain, semuanya akan mendapatkan manfaat.

·         Lebah tidak akan menuntut terlalu banyak dan tidak memberikan tekanan kepada makhluk lain (bunga)

Sifat lebah berikut nya adalah saat lebah hinggap pada bunga, apalagi bunga yang secara kekuatan lebih rapuh daripada lebah, dia tidak akan hinggap sepenuhnya hingga membuat bunga tersebut patah/rusak. Lebah akan mengepakkan sayapnya dan mengelilingi bunga tersebut.

Sebagai manusia, kita harus menginstrospeksi diri kita apakah terlalu banyak menuntut dari orang lain, misal ke anak atau ke rekan-rekan kita. Lalu kita harus memperbaikinya agar tidak menjadi seseorang yang terlalu menuntut, karena bisa jadi apa yang kita lakukan tersebut bisa membuat orang lain merasa tertekan/tersakiti.

·         Lebah adalah makhluk sosial yang tidak iri satu sama lain

Sifat lebah berikut nya lebah membuat sarangnya secara kolektif. Mereka bekerja bersama untuk kepentingan bersama.

Hal ini yang sering kali di dalam komunitas muslim yang kurang beriman, sebagian merasa iri ketika melihat kesuksesan yang diperoleh orang lain. Dan ketika kita yang mendapat kesuksesan, kita jarang mau berbagi kepada orang lain karena khawatir orang tersebut akan memperoleh kesuksesan yang sama dengan kita atau mungkin malah melebihi apa yang kita dapatkan. Sifat-sifat yang seperti ini, seharusnya kita jauhi.

·         Lebah adalah makhluk yang rendah hati

Sedangkan manusia, terkadang ketika mereka sibuk atau terkenal atau mendapatkan banyak kenikmatan, manusia menjadi sombong, tidak mau meluangkan waktunya untuk orang lain yang membutuhkannya. Atau bahkan merasa lebih baik dari orang lain dan tidak mau bergaul dengan yang posisi atau keadaannya sedang lebih rendah daripada dirinya. Marilah kita belajar agar lebih rendah hati seperti halnya lebah.

·         Lebah memberikan manfaat pada komunitas yang lebih luas

Lebah tidak hanya memberikan manfaat pada dirinya sendiri maupun makhluk lain yang berelasi secara langsung dengannya.

Sebagai contohnya, mereka menghasilkan madu yang sangat berguna untuk manusia agar memiliki ketahanan tubuh yang baik dan dapat pula menyembuhkan berbagai penyakit.


Subhanallah.. Maha Suci Allah banyak sekali pelajaran yang dapat kita petik dari lebah, makhluk yang ukurannya relatif cukup kecil namun dikarunia sifat-sifat yang luar biasa oleh Allah Ta’ala.  

Mari kita belajar lagi dari lebah dan Semoga Allah memudahkan usaha kita untuk bisa belajar dan bisa menjadi lebih baik lagi.