Rapot Pendidikan - SEKOLAH DASAR ISLAM AL-ASHAR

Breaking

Mencetak Generasi Cerdas dan Berakhlakul Karimah

Total Tayangan Halaman

Time and Date

Powered by DaysPedia.com
Current Time in Jakarta
22634pm
Tue, January 3

Categories

akademik (6) event (7) infografik (2) lomba (9) prestasi (6) psb (1) sains (3)

Rapot Pendidikan

###Rapor Pendidikan###

Acuan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan


Rapor Pendidikan adalah sebuah laporan yang berisi informasi tentang capaian pendidikan di suatu wilayah. Rapor Pendidikan ini disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan dapat diakses oleh satuan pendidikan, pemerintah daerah, maupun publik.


Rapor Pendidikan berisi data dari hasil Asesmen Nasional (AN), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. AN merupakan asesmen yang mengukur capaian peserta didik dalam literasi, numerasi, dan literasi sains. Survei karakter mengukur sikap dan perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Survei lingkungan belajar mengukur kondisi lingkungan belajar di satuan pendidikan.


Data-data dari AN, survei karakter, dan survei lingkungan belajar disajikan dalam bentuk grafik dan tabel sehingga mudah dibaca dan dipahami. Data-data tersebut dapat digunakan oleh satuan pendidikan, pemerintah daerah, maupun publik untuk mengetahui capaian pendidikan di suatu wilayah.


Akan muncul di benak kita apa saja manfaat rapot pendidikan, dan apa yang ingin dicapai oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pendidikan dan peran orangtua ? Mari kita pelajari


###Manfaat Rapor Pendidikan###


Rapor Pendidikan memiliki beberapa manfaat, antara lain:


1. Membantu satuan pendidikan setiap level (SD, SMP, dan SMA/SMK) untuk mengidentifikasi masalah dan potensi pada sekolah.

Rapor Pendidikan dapat membantu satuan pendidikan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan, seperti capaian literasi dan numerasi siswa yang rendah, kurangnya karakter peserta didik, atau lingkungan belajar yang tidak kondusif. 


2. Selain itu, Rapor Pendidikan juga dapat membantu satuan pendidikan untuk mengidentifikasi potensi yang dimiliki, seperti guru-guru yang berkualitas atau fasilitas pendidikan yang memadai.


3. Membantu pemerintah daerah untuk menyusun kebijakan pendidikan yang tepat sasaran.

Rapor Pendidikan dapat digunakan oleh pemerintah daerah untuk menyusun kebijakan pendidikan yang tepat sasaran. Misalnya, jika capaian literasi dan numerasi siswa di suatu daerah rendah, pemerintah daerah dapat menyusun kebijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di daerah tersebut.


4. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pendidikan.

Rapor Pendidikan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pendidikan. Dengan adanya Rapor Pendidikan, masyarakat dapat mengetahui capaian pendidikan di suatu wilayah. Hal ini dapat mendorong pemerintah dan satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.


###Penerapan Rapor Pendidikan###


Rapor Pendidikan dapat diterapkan oleh satuan pendidikan, pemerintah daerah, maupun publik. Satuan pendidikan dapat menggunakan Rapor Pendidikan untuk melakukan refleksi diri dan menyusun rencana perbaikan. Pemerintah daerah dapat menggunakan Rapor Pendidikan untuk menyusun kebijakan pendidikan yang tepat sasaran. Publik dapat menggunakan Rapor Pendidikan untuk mengetahui capaian pendidikan di suatu wilayah.


Bagaimana peran pemerintah dalam hal ini mengukur rapot pendidikan masing- masing Sekolah ?


Hal ini mungkin banyak generasi orangtua yang mengikuti pendidikan pada zaman kurikulum K-13 kebawah banyak yang belum mengetahui karena zaman tersebut pemerintah menggunakan NEM (Nilai Ebtanas Murni) sebagai nilai akhir siswa dalam menempuh seluruh pendidikan pada masing-masing tingkatan akhir pada satuan pendidikan.


Pemerintah mengganti sistem tersebut diatas melalui proses ANBK/AKM dengan media ujian online yang dilakukan oleh siswa kelas 5 tingkat Sekolah Dasar, kurang lebih ada 3 tahap yang menjadi konsen pemerintah dalam melakukan ujian online ini antara lain penilaian literasi, numerasi dan survey lingkungan belajar.

 

Bagaimana pencapaian rapot pendidikan pada SD Islam Al Ashar ? 


Alhamdulillah penilaian yang kami dapatkan pada rapot pendidikan pada tahun ajaran 2022-2023 lalu di tingkat sekolah dasar mendapatkan predikat baik pada keseluruhan 6 Pilar penilaian antara lain :


Kemampuan literasi murid, Kemampuan numerasi murid, Keamanan sekolah, Kebhinekaan Sekolah, Kualitas Pembelajaran, dan Karakter Murid 


Berikut data hasil laporan Rapot Pendidikan SDS Islam Al Ashar.


Mengacu dari hasil rapot pendidikan yang sudah baik, semoga kami seluruh warga sekolah dan para orangtua/Walimurid dapat bekerjasama dengan baik untuk menjaga mutu dan kualitas pendidikan, sehingga tercapai tujuan pendidikan dengan baik sesuai dengan harapan kita semua. Aaamiin Yaa Robbal Alamiin.



**Kesimpulan**

Rapor Pendidikan merupakan sebuah instrumen penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Rapor Pendidikan dapat membantu satuan pendidikan, pemerintah daerah, maupun publik untuk mengidentifikasi masalah dan potensi, menyusun kebijakan pendidikan yang tepat sasaran, dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pendidikan.