Tugas Praktek TIK: Cerita Perjusa Kelas 5 - SEKOLAH DASAR ISLAM AL-ASHAR

Breaking

Mencetak Generasi Cerdas dan Berakhlakul Karimah

Total Tayangan Halaman

Time and Date

Powered by DaysPedia.com
Current Time in Jakarta
22634pm
Tue, January 3

Categories

akademik (6) event (7) infografik (2) lomba (9) prestasi (6) psb (1) sains (3)

Tugas Praktek TIK: Cerita Perjusa Kelas 5




Penulis : Shafira

    PERJUSA SDS ISLAM AL-ASHAR

 

Halo,namaku shafira dari kls 5a ibnu khaldun.aku ingin menceritakan kegiatan aku saat perjusa kemarin,aku disana banyak belajar tentang ke pramukaan.

 

Aku berangkat ke sekolah saat pukul 15.30 saat sampai disekolah aku absen terlebih dahulu lalu bermain dengan teman.

Saat semuanya telah datang ke sekolah aku dan semuanya melaksanakan upacara pembukaan.

 

Saat selesai upacara aku dan teman-teman ku perkenalan dengan kakak Pembina pramukanya,lalu aku diajari cara membuat tandu pramuka dan aku dijelaskan tentang ikatan dan simpul.selesai membuat tandu aku dan teman-temanku melaksanakan shalat maghrib.

 

Saat selesai shalat maghrib aku dan teman-teman makan nasi bersama lalu dilanjut dengan shalat isya,selesai shalat isya aku dan semuanya disuruh untuk berkumpul diaula sekolah.untuk menjelaskan tentang kepramukaan seperti bapak pramuka dunia,Indonesia dan juga atribut-atribut yg wajib dikenakan di pramuka.

 

Saat selesai bercerita,aku dan teman-teman bermain sebentar kecuali petugas api unggun. Petugas api unggun latihan untuk menghafal dasa dharma dan gerakan-gerakan dalam upacara, tidak lama upacara api unggun telah dimulai.petugas mulai memasuki lapangan lalu menyalakan lilin dan api unggun telah berkobar.

 

Setelah melaksanakan upacara api unggun aku dan semua regu pramuka menunjukan yel-yel nya dengan masing-masing regu,saat selesai menunjukan yel-yel kaka Pembina menyuruh semuanya untuk ke kelas bersih-bersih lalu tidur.

 

Saat paginya,semua berkumpul di lab untuk melaksanakan shalat subuh setelah shalat subuh aku,teman-teman,pak apri,dan pak Marwan menonton film di lab yang berjudul  “5 menara” saat selesai menonton film aku dan teman-teman ber olahraga di lapangan.saat selesai olahraga seluruhnya disuruh untuk sarapan memakai nasi goreng dan telur ceplok.

 

Selesai sarapan aku dan teman-teman ku mengganti baju pramuka kembali lalu berkumpul di lapangan,untuk menunjukan yel-yel kembali.saat selesai menunjukan yel-yel aku dan teman-teman menunggu pemilihan kemenangan tim ternyata walau menang dan kalah tetap dikasih jajanan yang banyak selesai itu,kita semuanya merapihkan barang-barang yg di dalam kelas dan pulang.

=====================================================

Penulis : AFIQA

CERITA PERJUSA AFIQA

 

Hai, aku afiqa saat aku perjusa aku mendapatkan regu,nama regunya adalah regu tulip dan aku sekelompok dengan anggun,aisyah,naura,dan Khadijah. Aku berangkat saat sore hari,pertama aku absen terlebih dahulu dan tanda tangan lalu aku masuk ke kelas untuk menaruh tasku dan barang barang lainnya. Setelah itu aku menanyakan kepada teman teman ku (yang ada diregu) dan perjusa pun dimulai… semua murid disuruh baris di lapangan. Lalu aku dan kelompokku berkenalan dengan kakak pembinanya seperti menanyakan nama dan lain lainnya…

 

Aku diajarkan cara membuat tandu,dan dijelaskan jenis jenis ikatan setelah selesai dijelaskan kita diberi waktu untuk bermain dan bernyanyi bersama dengan kaka pembinanya. Karena sudah maghrib aku pun shalat dengan yang lain dan baca doa hingga selesai,lalu aku makan dengan teman teman ku diluar kelas. Setelah selesai makan aku kenalan dengan kaka Pembina yang baru saja datang. Setelah berkenalan aku dan yang lain disuruh untuk kumpul di aula dan dijelaskan bagian bagian pramuka dan yang lain -lainnya,aku dan yang lain juga dijelaskan tentang bapak pramuka Indonesia.

 

Karena sudah saat nya shalat isya aku dan teman temanku shalat isya. Setelah selesai shalat isya kami melanjutkan perjusanya. Karena sedang ada yang latihan untuk api unggun aku dan yang lain boleh bermain,ngobrol dengan kaka Pembina tetapi tidak dengan berisik,karena sudah waktunya api unggun

 

Saatnya kita melihat api unggun sambil menyanyikan “api menyala” ,saat api unggun sudah selesai tim aku dan yang lain menunjukan yel yelnya masing masing. Karena sudah sangat malam akhirnya aku dan yang lain tidur untuk besok pagi. Saat sudah pagi aku dan temann teman ku shalat subuh berjamaah. Setelah shalat subuh aku dan yang lain menonton salah satu film hingga selesai.

 

Karena sudah selesai aku dan yang lain ganti baju olahraga untuk olahraga pagi. Karena sudah selesai olahraga (senam pagi) aku dan yang lain pun makan nasi goreng dan telur bareng bareng.saat sudah selesai makan kita kumpul ke lapangan lagi untuk menunjukan yel yel lagi dan pemilihan juara dan ternyata aku dan klompok ku mendapatkan juara 3 setelah itu semuanya pun berfoto foto dan akhirnya pun kita pulang

==========================================================================

Penulis : Shakira 

Pengalaman Perjusa ku 3

 

Haloo aku Shakira dari kelas 5A ibnu khaldun , aku ingin menceritakan pengalaman ku saat melaksankan perjusa . Saat datang aku disambut oleh 2 temanku yaitu Atikah dan Shafira , stlh itu aku disuruh untuk ttd oleh Miss Octa lalu aku menaruh barang-barang di kls.

 Aku,Shafira dan Atikah sangat bersemangat ! kita lari-lari an di lapangan sangking bersemangatnya !! kita melaksanakan upacara pembukaan lalu melihat cara membuat tandu oleh kaka Pembina yaitu ka Jafar dan ka Syifa , stlh itu kita sholat maghrib di lapangan , tapi ga jadi karna tiba-tiba hujan , jadinya sholat di lab TIK.Hujannya lebat banget !!

Stlh sholat maghrib murojaah dari Q.S An-nas sampai Ad-dhuha . Dilanjut dngn makan malam bersama . Aku beberapa kali hamper terjatuh karna lantai yang licin sebab hujan . Stlh makan nasi ayam lanjut sholat isya . Sebenarnya stlh sholat isya itu games tapi karna hujan diganti dengan materi oleh ka Jafar, ka Syifa dan satu kaka Pembina lagi yaituu ka Gavin.

Tiba – tiba murid murid lain menoleh ke belakang jadi aku ikut menoleh juga , ternyata guru-guru membuat kejutan hari ulang tahun pak Marwan. What a surprise you know?

Setelah hujan mereda murid murid lain yang di panggil oleh ka Jafar utk latihan upacara penyalaan Api Unggun . Aku dan teman temaan ku kembali ke kls untuk istirahat sebentar, lalu di panggil kembali kelapangan utk melaksanakan upacara penyalaan Api Unggun , amazed bgt sihh sama murid murid yang ngelaksanaain upacara Api Unggun karna keren bgt !

Setelah itu ada pertunjukan yel yel , yel yel regu yg lain keren bgt apa lagi regu melati. Huhuuu kalian keren bgttt :O kita selsain smua itu sampe jam sepuluh lewat !! jujur cape bgt sihh tapii pas disuruh tidur gabisa dan aku nyemil deh :] aku ketiduran jam 12 atau jam 1 gtu trus kebngun jam 3 atau jam 4 rada rada lupaa trus keluar utk menghirup udara swegarr.

Trus di suruh wudhu utk sholat shubuh berjamaah. Sblm wudhu aku cuci muka dlu biar lebih fresh ;v lalu kita nobar Sahibul Menara tp ga sampe habis , lalu senam bersama , sarpan nasgorr dan pertunjukan yel yel lagiii trus pengumuman yel yel terbagus , regu aku yaitu Edelweiss dapat peringkat 2 !! wow omayzingg :O so proud of ya’ll !! hadiahnya snack cuyss enak , habis itu pulangg daaan aku tidur dr jam 9 pagi sampe jam 4 soree sangking capenyaa.

Udah dulu ceritanyaa , thank you for reading. Dadah prendd

=======================================================================

Penulis : Anggun 

PERJUSA  

Assalamualaikum nama saya anggun, saya akan menceritakan keseruan saya mengikuti perjusa

Di  SDI ISLAM AL-ASHAR. Sehabis ashar saya langsung pergi ke sekolah untuk mengikuti perjusa dan sebelum perjusa ada yang namanya upacara pembukaan dan sesudah upacara pembukaan saya dan teman teman saya bermain game bersama kakak Pembina yang bernama kak syifa sesudah bermain game kita semua melihat perakitan tandu yg merakit bernama kak jafar .

              Sebelum sholat magrib saya dan teman teman saya terpilih untuk mrnjadi petugas api unggun dan sesudah menghafal dasa dharma kami semua pun sholat magrib dan sesudah sholat magrib langit mendung dasn turun hujan. Sambil menunggu hujan reda kami semuanya makan bersama berjejer di depan kelas sesudah makan Alhamdulillah hujan reda. Sesudah makan kami solat isya bersama setelah sholat kita semua yg menjadi petugas api unggun pun berlatih lagi.

              Dan kami berlatih terus menerus sampai bisa menjadi petugas api unggun tetapi waktu berlati ada susah dan senang, sesudah berlatih upacara api unggun pun dimulai dan sesudah upacara api unggun kami semua menunjukan yel yel kita semuanya bagus bagus sekali sesudah menunjukan yel yel kita pun ganti bsju dangan baju yang berwarna hitam dan tidur bengun tidur sekitar jam 4 kami mengumpulkan nyawa dan sholat subuh dan tadarus dan sesudah itu kami semua menonton film bersama

              Sesudah menonton film kami semua senam bersama dan menunjukan yel yel lagi dan regu aku pun juara 3. TAMAT 

==========================================================================

Penulis : Najla 

                     “ PERJUSA AL ASHAR ISLAMIC PRIMARY SCHOOL “

0n 24-25 november 2023 I started perjusa, I entered perjusa at 16.30 , I was really happy wit perjusa this time there are slept together withclass 3-6 first started with opening ceremony of perjusa, after the opening ceremony of perjusa I learned about how to make a stletcher that is use by the scout brother to replace the ambulance, there are was guided by the scouts names ka jafar,ka syifa, and ka gavin. The intructrars are really fun , expecially ka syifa , ka syifa is really fun to play with and ka syifa is kind and beautiful. Ka jafar already has a family , ka jafar is already 25, ka syifa doesn’t have a family yet and is 23, and ka gavin is the youngest because ka gavin is 16 years old , after the opening ceremony of perjusa and learning about the palanquin , we all went to take ablution to go for the maghrib player .

 after the maghrib prayer, we all muroja’ah together . after that we had dinner. We had winner with fried chicken and rice. It was really delicious, I really like the dinner.

After dinner , we all went to wash our hands , took ablition and went to perform the isha prayer . after the isha prayer , I gathered at in the hall there, the builder told us the if there was no food, what whould they pat to survive? After that I when to have a bonfire at 22.10 , finished a bonfire at 23.20 . aftyer the bonfire, we all showed our shouts and the winner whould be announced on tomorrow, after showing our shouts, we all go to get ready to go to bed, chan ges clouthes, brush our teeth and pea. After we get ready, we don’t go straight to sleep, but we chat first , have a snake first , and then go to bed at 00.30 and wake up again at 04.30 to pray , at dawn ,after the morning prayer, we have another event, we celebrate, after nobar , we gp tp exercise together in the field . for breakfeast using the half boiled eggs.

After breakfast ,we show the shouts once again to bee seen once who was the winner , the 1st place team was the jasmine team , the 2 nd  place team was the edelweiss team , namely my team and the 3rd place winner was the tulip team . after that we echanged greeting with the coach and techer. We went nhome at 08.00 and finished . the perjusa event was very evciting.

-          And the end -

========================================================

Penulis : Atika 

PERJUSA  ACTIVITIES

24-25 NOVEMBER 2023
SDIT AL-ASHAR

Assalamualaikum wr.wb let me introduce my self , my name is Atikah Nur Hasna , class 5A bilingual . today I want to tell you about my experice during this perjusa . first I went to school at 15.30 , arrived at the school and was greeted by writing my name and class. After that I put my bag away . I was in class and there I met my friends and my team , the name of my team is ADELWISY team , there I was very excited bacuse I couldn` t wait there.

the event starts at 16.00 and the ceremony begins with the opening of the perjusa . after the ceremony is finished , we are introduced to the guide brothers named Ka Jafar, Ka Syifa then we are taugh how to make a palanquin with knots , there are 3 simple techniques for the making a palanquin . first the base node second anchor mode thirs dead node.

the guid gave an example of making a palanquin and we watched it then after we had finished making an example of making palanquin , some us were called to be campfire attendants and at that time I was chosen to be a bonfire attendant and my friend , Rara Anggun Khadijah and Gibran and I were chosen to be DASHADARMA . the second one is quite long nut I can still memorize it.

after that we all prayed maghrib  after maghrib prayer we all went to class to rest and have dinner and that night it rained very hard we ate outside the classroom because we were afraid the clas would have lots of ants and actually we all wanted to sleep in tents but it was raining

and actually we wanted to cancel the campfire event because the weather was not fovarable and we all gathered in the hall to take shelter and there was welcome from guest , namely Ka Gavin and there they told stiries – asked question and then we were are al told the cout symbols and their meanings and told stories. With the struggle of his scout brother to become his scout brother / guide and after a while the rain started to subside and therefore the campfire event was not cancaled because the weather was no longer raining

And I and the oters ( who were selected as campfire attendants only ) trained to become ceremonial attendants and then the ceremony went smoothly after the bonfire ceremony was finished we all line up and took part in the best chant compettion and the chants were all good and we finishet at 22.00

thene we all changed clothes but my friend and I washed our faces first and did skincare up late because we weren`t sleepy and ate first then we went to bed at 00.00 then I woke up again at 01.00 and go back sleep, wake up at 05.00 then after we all get up and washe our face and brush teeth , after brushing our teeth we perform ablution I preparation for the morning prayer.

after morning prayers we watche the film `` 5 MENARA `` and we watched it for a while because we changed into sports vlothes frist then did gymnastics and had breakfast  than canged into scout clothes again and showed chants again to determine who the winner was and the announcement…….. 3rd place the TULIP TEAM  2nd ADELWISY TEAM 1st the MELATI TEAM  and we were quite happy because my team got 2nd place . after that we took photos and shared them among the girls in each team and went bact to their respective homes.

by: ATIKAH NUR HASNA 

===============================================================

Penulis : Naura

           PERJUSA SD ISLAM AL-ASHAR

 

Hari jumat tanggal 24 adalah tanggal dimana aku perjusa aku berangkat selesai sholat ashar aku bertemu dengan rara di depan sekolah dia menunggu di situ aku pun masuk kedalam bersama rara disitu kita bertemu arif dan kita isi nama,kls dan regu

Aku dan rara menunggu yg lain aku bertemu pak Marwan dan pak apri aku bertanya kpd pak apri “ bapak ngapain” Tanya ku kata pak apri”sedang memasang lampu untuk perjusa nanti”jawab pak apri dan aku melihat atikah aku berlari dan menemuinya kita bermain bersama.

Tiba-tiba  shafira datang  kita bermain pluit bersama sambil menunggu yg lain. Setelah itu Shakira datang kita mengobrol bersama selesai mengobrol bersama Shakira afiqa pun datang. Aku pun kaget kok afiqa hanya membawa 1 bambu saya. Aku kaget dan aku bertanya “afiqa kpok kamu bawa bamboo nya 1 kata nya punya 2” kata ku dan adiqa menjawab “APASIH ORANG AKU BILANG AKU PUNYA 1 ITU AKU PUNYA 2 TONGKAT BUKAN BAMBU “ kata nya sambil ngegas dan aku pun menghampiri miss rifah aku pun meminta telpon kan ibuku dan aku pun menelpon ibuku aku bilang kpd ibuku “ibu belliin bamboo “ kata ku jawab ibu “kan kata nya afiqa yg bawa “ aku bilang “ ternyata afiqa punya 1 yg disebud 2 itu tongkat bukan bambu “ kata ku jawab ibu ku “ emang belli nya dimana “ terus ibu ku bilang lg “ coba tanya afiqa beli dimana “ lalu aku bertanya kpd afiqa” afiqa kamu belli bamboo dimana “ Tanya nya ku dengan suara nyantai lalu afiqa menjawab” DI GRAHARAYA LOH “ jawab ntya dengan ngegas terus ibu ku bilang ” di sebelah mana “ karna aku gk tau aku Tanya ke rara “ ra kamu belli bamboo dimana “ kata ku rara menjawab “ di foto copy diblok k “ jawab nya lau aku bilang kpd ibu ku “ di foto copy blok k bu “ kata ku  kata nya “ yaudah ibu belli kan dulu “ lalu telpon dimatikan. Aku mengasih hp nya kpd miss rifa kata miss rifa sudah selesai sudah bu jawab ku.

Lalu aku disuruh Baris oleh guru ku  aku pun melihat 2 kakak Pembina pramuka cewe dan cowa yg bernama kak fajar dan kak syifa. Kita melakukan upacara pembukaan  setelah selesai aku diajari bikin tandu  oleh kakak Pembina nya setelah selesai. Kita dibagi ada yg menganyalakan api unggun dan ada yg tidak menyalakan api unggun yag tdk menyalakan api unggun di suruh duduk dan di situ aku yg barisan pertama kata kakak Pembina harus pijit yg di depan nya setelah itu. Menjelang magrib kita disuruh sholat Sunnah  sebelum sholat magrib tiba tiba hujan aku yg sedang rokaat terakhir di batalkan akhirnya kita  sholat dilab tik setelah sholat kita morajaah setelah morajah kita mekan malam, sholat isya selesai sholat isya kita baris di aula kita rencana kita menyalakan api unggun tp gk jd karna hujan dan akhirnya kita ganti nobar karna hujan nya sudah berentib kita jd api unggun dan ternyata kami datang kan 1 kakak Pembina cowo nama nya kak gavin  selesai abis api unggun  kita ganti baju dan tidur dan aku gk bisa tidur dan pagi nya kita olga dan kita upacara penutupan  TAMAT 


===============================================================

Penulis : Aisyah 

“Perjusa SD Islam Al Ashar”

On November 24-25 a perjusa was held.perjusa is carried out at 04:30.I was very happy because that day I was with may friends,learned  a lot and discovered new things.This perjusa started first with the opening ceremony,after that continued with learning how to make a strecter with the scout brother,they said  a stricter is a tool made of bamboo and tied with ropes,a stricter is usefull for lifting sick people when they are in the forest or in places where people rarely caome a cross without having to call ambulance.after that,because it was already   maghrib ,my friends and immediately  took ablution and immediately wen to field where we pray after the call to prayer we are all told to prayer Sunnah qobliah prayer first,because it rained after we to the prayer room ,after praying we murojaah toghether  from surah an-nas to surah ad-dhuha,after murojaah we all had a dinner toghether while enjoying the heavy rain,after eating we chatted whith the scouts sister and got to know the room  where we all slept.Finally we prayed the isya prayer in the prayer room,after the isya prayer we had a material about scouts,namely about the world scout father named Lord Baden Powel Of The Gilwel who was born in London England on February 22 1857 and the places where and when the scouts  were fonded afther that there was a bonfire life and shouts.The shouts and bon fire were over and we changed clothes in our room and get ready to sleep.Because there is a friend of mine who can see a ghost named nazalia ,she said she heard at 1  o’clock the sound of crying from behind.fajr arrived and the night had passed.Everyone was still playing while waiting for the call to prayer for the fajr prayer .where dawn arrived ,everyone went to the prayer room .after we finished praying ,we had a movie activity together ,but because I was bored watching ,I finally went back to the room.after we finished watching we were change clothesb into our sport clothes to do our morning exercise.after the shouting ,there the winners were 123 plece winners women and man each whom was given a pprize after thatb we had a close ceremony.

===============================================================